Header Ads

Pracico Inti Utama, Simpanan Berjangka Syariah Mudharabah


Salah satu produk yang ditawarkan oleh Pracico Inti Utama (PIU) adalah simpanan berjangka. Produk simpanan berjangka Pracico Inti Utama ini berbasis syariah Mudharabah yang sengaja ditawarkan untuk menjaga kepercayaan para anggota yang juga memegang teguh prinsip bagi hasil, kerja sama, dan saling menguntungkan. Produk ini dihadirkan melalui bentuk badan hukum Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah (KSPPS) yang mengutamakan prinsip aman, baik dan bermanfaat bagi para anggotanya. Semua itu dikemas dalam sistem Syariah.

Tentang simpanan berjangka Pracico Inti Utama dengan prinsip Mudharabah

Simpanan Berjangka Pracico Inti Utama Mudharabah merupakan simpanan yang berdasarkan kaidah syariah mudharabah. Dimana memakai prinsip bagi hasil sehingga dana yang Anda investasikan digunakan untuk pembiayaan yang produktif atau pembiayaan lainnya yang tidak melanggar prinsip atau aturan syariah. Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini akan dibagikan kepada Anda oleh koperasi sesuai dengan nisbah yang telah disepakati sejak awal.
Manfaat simpanan berjangka prinsip Mudharabah yang bisa didapatkan oleh anggotanya:
1.      Simpanan berjangka ini membantu membawa keberkahan karena dana yang didapatkan dari para anggota akan diinvestasikan seoptimal mungkin ke objek yang jelas dan tidak haram.
2.      Simpanan ini menawarkan jangkauan jaringan yang luas untuk seluru umat yang ada di Indonesia sehingga mereka dapat menyimpan dan berinvestasi dengan aman, tenang dan nyaman.
3.      Minimal investasi yang tidak memberatkan.
4.      Menolong sesama tanpa harus mengurangi keuangan Anda.
5.      Sistem bagi hasil yang jelas atau transparan yang sudah disepakati bersama sejak awal sesuai dengan ketentuan syariah.
6.      Pilihan jangka waktu yang fleksibel untuk dipilih dan disepakati sejak awal.
7.      Dapat diperpanjang secara otomatis.


Ketentuan simpan pinjam / pembiayaan dengan prinsip Mudharabah

Tidak sedikit produk yang menawarkan penempatan atau simpanan dana beredar di tengah masyarakat tanah air. Prioritas utama yang harus jadi pertimbangan adalah soal kehati-hatian dalam memilih produk tersebut. Kredibilitas penyedia produk menjadi hal yang paling penting untuk dilihat, begitu pula soal manfaat yang diberikan oleh umat. Dengan sistem syariah, kemudahan memilih jenis produk keuangan ini akan semakin terbantu:
1.      Simpanan berjangka ini biasanya melibatkan dua atau lebih pihak-pihak yang melakukan kesepakatan bersama. Kedua pihak tersebut adalah investor alias pemilik dana yang ditanamkan atau disimpankan ke koperasi serta pengelola modal.
2.      Kedua mengenai objek-objek lainnya seperti modal. Modal yang paling umum digunakan biasanya berupa uang. Meski tidak sedikit pula yang memakai alat tukar lainnya seperti emas atau perak. Penanaman modal tidak boleh dilakukan dengan memakai barang, kecuali ada kesepakatan bersama dari pihak-pihak yang terlibat.
3.      Dana yang sudah ditanamkan nantinya akan dikelola sedemikian rupa ke berbagai macam objek yang tidak diharamkan. Umumnya di bidang perniagaan dan bidang-bidang terkait lainnya. Selain itu, pengelola dana dimana dalam hal ini adalah koperasi, tidak diperbolehkan melakukan kerjasama dengan penjualan barang-barang haram sesuai dengan prinsip syariah. Contohnya jual beli darah, bangkai, minuman keras, babi, jual beli riba dan sejenisnya.
4.      Umumnya terdapat jangka waktu atau pembatasan waktu penanaman dana yang ada. Tidak ada salahnya memberikan batasan waktu untuk penanaman dana yang sudah disalurkan oleh investor.
Selain beberapa ketentuan di atas, juga ada ketentuan dalam hal sistem bagi hasil keuntungan yang didapatkan oleh anggota koperasi simpan pinjam pada umumnya yang memakai prinsip syariah. Termasuk juga sistem bagi hasil dari produk simpanan berjangka Pracico Inti Utama.
Dalam pembagian keuntungan maka jelas tidak ada bentuk bunga atau riba, melainkan lewat sistem bagi hasil yang umumnya dilakukan dengan cara:
·         Dilakukan secara jelas alias transaparan, misalnya dalam hal presentasi tertentu untuk investor dan koperasi sebagai pengelola dana/ modal.
·         Keuntungan tersebut biasanya dibagikan dengan presentase dengan sifat yang merata, misalnya setengah, sepertiga, seperempat dan seterusnya.
·         Kesepakatan bagi hasil dilakukan oleh dua belah pihak pada awal..

Mengenai Pracico Inti Utama secara singkat

Sebelum memilih PIU untuk menyimpan dana Anda, maka sebaiknya Anda harus mengetahui secara singkat tentang apa itu PIU. Pracico Inti Utama atau sering dikenal juga dengan sebutan Pracico Syariah adalah koperasi simpan pinjam dan pembiayaan yang berbasis Syariah (KSPPS). Koperasi ini terafiliasi oleh Multi Inti Sarana Group (MIS Group) yang sudah hadir sejak lama.
Koperasi kami memiliki visi dan misi serta nilai-nilai bekerja yang jelas untuk memberikan hasil optimal kepada anggotanya. Secara singkat visi kami yaitu ingin menjadi suatu lembaga keuangan yang amanah, terdepan, terpercaya serta mandiri untuk mendukung pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.
Agar bisa mencapai visi tersebut maka kami melakukan beberapa misi yang ada seperti:
1.      Mengaplikasikan transaksi yang amanah dan berintegritas.
2.      Berupaya mengembangkan potensi masyarakat dalam perekonomian supaya dapat mengentaskan kemiskinan.
3.      Mempermudah akses permodalan serta pengelolaan kegiatan usaha bagi masyarakat dan anggota.
4.      Mengembangkan SDM yang tangguh, berdaya saing tinggi serta profesional.
5.      Membangun budaya yang adil, amanah serta bermartabat.
Sementara dalam bekerja, kami menerapkan beberapa nilai yang sampai sekarang akan terus kami usahakan, kembangkan dan tingkatkan seperti:
1.      Persistence: Sikap gigih dan tekun untuk mencapai dan meningkatkan prestasi serta kemampuan diri.
2.      Excellence: Berusaha selalu memberikan layanan prima baik di lingkungan internal atau eksternal kepada para mitra kerja maupun konsumen.
3.      Reliable: Perilaku dan sikap yang mencerminkan kedisiplinan dan yang bisa diandalkan.
4.       Fair and Fast: Kami sigap dan memperhatikan keseimbangan saat menghadapi tiap perubahan.
5.      Enthusiasm: Mendorong semangan kerja dan energi positif di lingkungan internal.
6.      Caring: Sikap yang menghargai dan peduli sesama.
7.      Truthful: Berusaha senantiasa menempa diri agar jadi pribadi yang tulus, jujur, serta ikhlas sehingga bisa memberi manfaat banyak.
Dengan adanya visi misi serta nilai-nilai tersebut, maka Anda jangan ragu lagi dengan hasil yang bisa didapatkan melalui simpanan berjangka Pracico Inti Utama. Karena kami selalu memberikan kejelasan, kejujuran, keadilan dan kenyamanan.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.