Header Ads

NASEHAT AGUNG PARA WALI ALLAH

Oleh Habib Rais Ridjaly

Jika engkau memberikan makan anak-anak ayam yang baru menetas, sebaiknya ditumbuk dulu jagungnya.

Jika engkau tidak memperhatikan hal tersebut & membiarkan anak-anak ayam itu menelan jagung bijian yang belum ditumbuk, maka kemungkinan besar akan tersedak dan dapat menyebabkan kematian mereka.

Itulah sekelumit nasehat agung dari Tuan Syaikh Yusuf Taj Khalwati, yang disampaikan oleh Tuan Imam Lapeo asal Sulawesi Selatan kepada para Syaikh Thariqat semasa itu.

Saya mendengar cerita ini pada tahun 1988, dari sumber yang dapat dipercaya, tapi sy tidak dalam mempertahankan sanad dari mana saya dapatkan ceritanya, tapi matan/isi dari cerita ini sangat indah, dan mengena sasarannya dengan tepat, bagi orang2 yg tidak bertanggungjawab dalam menyebarkan cerita2 ilmu dan keilmuan kepada umum yang mana mereka hanya dapat dari buku2 bacaan dan bukan dari hasil belajar kepada seorang guru.

Jika seseorang memiliki ilmu dan keilmuan dari hasil ta'limnya, maka tidak sembarang mengobral isi ilmu di forum2 umum spt di facebook ini, karena setiap ilmu dan keilmuan yg dipelajari memiliki akhlaq dlm penyampaiannya.

Semoga ada kesadaran utk menyadari hal tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.